Monday, March 6, 2017

VIRUS HIV/AIDS


BAHAYA virus HIV / AIDS

HIV Virus

A. Virus HIV
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.
Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.
B. Penyakit AIDS
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembang biakan virus hiv dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang mematikan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.
Ketika kita terkena Virus HIV kita tidak langsung terkena AIDS. Untuk menjadi AIDS dibutuhkan waktu yang lama, perkiraan paling cepat 2 tahun bahkan bisa sampai 10 tahun, untuk dapat menjadi AIDS yang mematikan. Seseorang dapat menjadi HIV positif. Saat ini tidak ada obat, serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dari Virus HIV penyebab penyakit AIDS. Hanya saja peneliti sampai saat in hanya menemukan obat untuk menunda perkembangan virus HIV dalam tubuh.
C. Metode / Teknik Penularan dan Penyebaran Virus HIV AIDS
- Darah
Contoh : Tranfusi darah, terkena darah hiv+ pada kulit yang terluka, terkena darah menstruasi pada kulit yang terluka, jarum suntik, dsb
- Cairan Semen, Air Mani, Sperma dan Peju Pria
Contoh : Laki-laki berhubungan badan tanpa kondom atau pengaman lainnya, oral seks, dsb.
- Cairan Vagina pada Perempuan
Contoh : Wanita berhubungan badan tanpa pengaman, pinjam-meminjam alat bantu seks, oral seks, dll.
- Air Susu Ibu / ASI
Contoh : Bayi minum asi dari wanita hiv+.
catatan : ibu hamil yang tertular HIV bisa menyelamatkan anaknya agar tidak tertular dengan HIV, dengan melakukan kelahiran anaknya melalui operasi cesar dan tidak memberikan ASI pada anaknya.
Cairan Tubuh yang tidak mengandung Virus HIV pada penderita HIV+ :
- Air liur / air ludah / saliva
- Feses / kotoran / tokai / bab / tinja
- Air mata
- Air keringat
- Air seni / air kencing / air pipis / urin / urine
Jadi jangan mengucilkan dan menjauhi penderita HIV ( ODHA = Orang Dengan HIV / AIDS ) , buatlah mereka semangat, karena dengan dekat dengan mereka, kita tidak akan tertular.



Vaksin Antivirus HIV Akan Dibuat
     PT Bio Farma (Persero) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), akan membuat vaksin antivirus HIV (human immunodeficiency virus). Seed atau bibit vaksin ini akan diambil dan dicari dari dalam negeri.
“Layaknya vaksin, tentu tujuannya adalah untuk memberikan kekebalan pada tubuh manusia, sehingga terhindar dari serangan virus HIV,” ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Bio Farma, Elvyn Fajrul Jaya Saputra, kepada wartawan di PT Bio Farma, Jln. Pasteur, Jumat (2/12).
Pembuatan vaksin untuk HIV, katanya, dilatarbelakangi kasus HIV/AIDS yang kini telah menjadi epidemik di beberapa wilayah di Indonesia. Karenanya kondisi itu kemudian menjadi salah satu pekerjaan rumah terbesar bagi Bio Farma.
Apalagi, salah satu komitmen perusahaannya yakni ikut terlibat dalam pengendalian HIV/AIDS, yang termasuk dalam penyakit dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Ini juga merupakan salah satu target dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs).
“Kinerja vaksin HIV ini sama saja dengan imunisasi, yakni memberikan bantuan kekebalan tubuh. Sebab itu ketika virus HIV masuk, maka dengan otomatis tubuh akan menolak serangan virus tersebut,” ujarnya.
Secara teknis, kerja sama dengan UI sudah mulai dilakukan sejak November 2011. Tim UI menjadi peneliti utama dengan kerja sama bersama Bio Farma. “Apalagi kita juga sudah membuat komitmen, bahwa untuk mendorong terciptanya suatu riset vaksin yang kuat harus melalui sinergi yang berkelanjutan bersama akademisi, dunia usaha, dan pemerintah. Karenanya kita gandeng UI,” ungkapnya.
Pembuatan vaksin itu melalui berbagai tahapan. Berdasarkan pengalaman pembuatan vaksin lainnya yang dilakukan Bio Farma, diduga akan memakan waktu 10-12 tahun lamanya. Untuk membuat satu vaksin memang tidak bisa secara instan, memerlukan waktu untuk pengujian dan lainnya.
“Saat ini kita masih mencari seed-nya terlebih dulu. Sebanyak mungkin seed itu dikumpulkan dan bahannya benar-benar dicari di seluruh Indonesia. Mana yang kemudian dipilih dan memiliki potensi dan cocok untuk dijadikan vaksin HIV ini,” ucapnya.
Untuk kepentingan penelitian/riset pembuatan vaksin HIV, menurutnya, sudah disiapkan dana sebesar Rp 2,5 miliar. Dana itu untuk satu tahun berjalan proses kerja sama dan penelitian vaksin, yang telah dimulai November hingga 2012. Mengingat waktu pembuatan vaksin bisa mencapai 10-12 tahun, maka dana secara total tidak bisa diprediksikan. (B.107)**
sumber : http://www.klik-galamedia.com
https://bentengkesehatanumat.wordpress.com/2011/12/05/vaksin-antivirus-hiv-akan-dibuat/#more-1372

Ada Kera yang Miliki Gen Antivirus HIV
Jumat, 6 Mei 2011 | 16:35
kelompok kera rhesus [google]
 Berita Terkait
[WASHINGTON] Satu gen tertentu yang terdapat pada sebagian kera dapat membantu mendorong vaksin perlindungan terhadap simian immunodeficiency virus (SIV), sifat yang dapat membantu peneliti mengembangkan vaksin AIDS yang lebih baik pada manusia, demikian hasil satu studi yang disiarkan pekan ini.  

Para peneliti menyuntikkan vaksin ke sekelompok kera rhesus dan kemudian memberikan hewan itu dengan SIV berulangkali selama kurun waktu dua pekan. Separuh terinfeksi, tapi separuh lagi tidak.  

Kera yang kebal terhadap infeksi lebih mungkin untuk memperlihatkan gen tertentu, yang diidentifikasi sebagai TRIM5.  

Temuan tersebut dapat membantu para peneliti dalam melakukan pencarian yang sulit untuk mengembangkan vaksi guna menghadapi human immunodeficiency virus (HIV), yang mengakibatkan AIDS, kata penulis utama penelitian itu Norman Letvin, sebagaimana dilaporkan AFP, Jumat (6/5).  

"Itu memberi tahu kami, barangkali sangat mengejutkan kami, bahwa mungkin pada manusia terdapat gen tertentu yang diperlihatkan oleh sebagian orang tapi tidak oleh orang lain yang bisa memberi sumbangan bagi perlindungan," kata Levin, profesor di Harvard Medical School.  

"Oleh karena itu kami bukan hanya harus meneliti reaksi anti-bodi yang disuntikkan oleh vaksin tapi kami juga harus meneliti susunan genetika perorangan yang diberi vaksin sebab data pada kera ini menunjukkan keduanya dapat memberi sumbangan," katanya.  

Studi tersebut disiarkan di jurnal Science Transnational Medicine.  

Satu ujicoba vaksin AIDS 2009 pada manusia di Thailand menunjukkan sebagian benteng terhadap HIV --31,2 persen pengurangan risiko-- tapi keefektifannya merosot setelah tiga tahun, kata Letvin.  

"Kami telah memperlihatkan pada ujicoba vaksin di Thailand bahwa dengan teknologi saat ini kami menyaksikan perlindungan paling sederhana terhadap penularan HIV," katanya.  

"Kalau saja kami memadukan data optimistis itu pada manusia dengan jenis data yang kami kumpulkan dalam studi pada kera ini, serta studi lain pada kera. Itu menunjukkan jika kami dapat menyuntikkan reaksi antibodi yang lebih baik melalui vaksinasi, barangkali vaksin generasi berikut kami dapat menaikkan tingkat peluang 50 atau 60 persen atau bahkan lebih tinggi lagi.

Dan perlindungan itu boleh jadi akan lebih bersifat mengobati," katanya.   Pencarian berlanjut bagi vaksin untuk menghadapi AIDS, yang telah merenggut lebih dari 25 juta jiwa sejak 1981 dan menulari sebanyak 33 juta orang di seluruh dunia.

1 comment:


  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete